Mau Kampas Rem Motor Awet? Begini Caranya Sob!

Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay
Gambar oleh Hebi B. dari Pixabay

Autogear.id - Pada kendaraan bermotor, terdapat komponen sistem pengereman yang disebut kampas rem. Bila komponen kampas rem ini tidak berfungsi baik sebagaimana mestinya, pastilah kenyamanan dan keamanan dalam berkendara akan terganggu.

Minimal akan terjadi gesekan mirip suara tikus mendecit yang tidak jelas, ketika dilakukan pengereman. Karenanya sangat perlu merawat kampas rem.

Buat para pengguna roda dua, demi tunggangan kesayangan, bila tidak tahu bagaimana cara merawat kampas rem. Boleh simak tips berikut dan pelajari cara-caranya dengan baik.

1. Bersihkan Secara Teratur
Bagi pemilik motor, sangat perlu membersihkan kampas rem secara rutin. Terlebih lagi jika baru saja mengajak motornya basah-basahan dari daerah yang digenangi air atau main kotor-kotoran di trek berlumpur. Sebab, debu dan lumpur yang menempel bisa membuat kinerja kampas rem terganggu. Kamu bisa membasuhnya menggunakan air bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

2. Kurangi Rem Mendadak
Kondisi kepadatan lalu lintas di kota-kota besar cenderung memaksa pengguna kendaraan, baik motor maupun mobil melakukan pengereman mendadak. Misalnya tiba-tiba saja kendaraan di depan berhenti mendadak, atau ada penyeberang jalan sembarangan, pengguna motor sein kanan beloknya ke kiri, dan lainnya.

Nah, salah satu cara agar kampas rem motor awet adalah kurangi penggunaan rem secara mendadak. Paling tidak hindari berkendara dengan kecepatan tinggi, agar jauh dari risiko melakukan pengereman secara mendadak.

3. Lumasi Bearing atau Laher
Bearing atau bahasa bengkelnya adalah laher, merupakan bagian pada komponen velg motor yang berfungsi mengurangi gesekan dengan rumah as. Jika ingin berkendara dengan nyaman di jalan raya, dan supaya kampas rem tetap awet, pastikan untuk sering-sering pula melumasi bearing motor.

4. Sisakan Ruang antara Cakram dan Kampas Rem
Memberikan jarak atau ruang antara antara piringan cakram dan kampas rem pada motor, ketika memasangnya. Tujuannya agar tidak terjadi gesekan antar keduanya, sebelum mengendarai motor dan menggunakan tuas rem ketika berkendara di jalan raya.

Membuat ruang antara cakram dan kampas rem bisa dilakukan sendiri oleh pemilik motor, tanpa harus ke bengkel. Caranya dengan menyetelnya sendiri, sambil memutar roda ban. Bila masih terasa gesekan, ketika roda ban diputar, berarti posisi antara cakram dan kampas rem masih belum tepat. Terus lakukan lagi, sampai menemukan posisi yang tepat.

Itulah sejumlah langkah merawat kampas rem agar tetap awet. Semoga bermanfaat ya sob..!!


(acf)