Komunitas Otomotif

Rayakan HUT Ke-2, KOLEKSI Siap Dukung Program Elektrifikasi

Komunitas Mobil Listrik Indonesia siap dukung percepatan elektrifikasi otomotif di Indonesia. Koleksi
Komunitas Mobil Listrik Indonesia siap dukung percepatan elektrifikasi otomotif di Indonesia. Koleksi

Autogear.id – Sebenarnya berapa banyak jumlah kendaraan bermotor yang beredar, wara-wiri di jalanan di seluruh Indonesia? Mengacu dari data Korlantas saja, disebutkan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia saat ini sudah menembus lebih dari 152 juta unit. Adapun komposisinya 65 persen kendaraan roda dua, dan 35 persen kendaraan roda empat atau lebih. 

Lambat laun dengan berjalannya waktu, kendaraan listrik pun mulai bermunculan. Imbas perkembangan teknologi, dan menyikapi kondisi lingkungan hidup yang butuh perhatian lebih. Dalam hal ini, terkait adanya tingkat polusi udara dan suara, seiring bertambahnya jumlah kendaraan bermotor konvensional berbahan bakar fosil.

Bahkan untuk mendukung pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia, telah diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019.Yaitu tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai, untuk Transportasi Jalan dan peraturan turunannya. Baik berupa peraturan Menteri sampai peraturan Gubernur. 

Seluruh peraturan tersebut dikatakan sebagai payung, demi mempercepat berkembangnya moda transportasi yang ramah lingkungan. Setelah semakin memperlihatkan pertumbuhan yang cukup signifikan, akhirnya para pengguna dan pemilik mobil listrik sepakat bergabung. Membentuk suatu wadah silaturahmi dan komunikasi pemilik dan pengguna, yang mereka namakan Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (KOLEKSI). 

Baca Juga:
Ban Tubeless, Keunggulan dan Cara Merawatnya

“Kami posisikan diri sebagai mitra produsen dan Pemerintah dalam edukasi, literasi, dan sosialisasi kendaraan listrik,” ucap nakhoda KOLEKSI, Arwani Hidayat, dalam perayaan Anniversary ke-2 di daerah BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjut Arwani, mereka juga mengadvokasi kebijakan dan regulasi, serta menjadi mitra pemerintah dalam proses perbaikan dan pemutakhiran regulasi. Sekaligus kebijakan terkait kendaraan listrik. Sementara dijelaskan penasehat komunitas, Rahman Elly, mereka memantapkan tekad untuk berpartisipasi menghijaukan lingkungan, dan menciptakan udara lebih bersih. Melalui penggunaan kendaraan listrik yang sesuai moto "Go Green, Save Earth”.

Sejalan dengan moto mereka, Ketua Pelaksana Anniversary ke-2, Nelwin Aldriansyah menyampaikan, tema ulang tahun kali ini "Live Life Cleaner by Making Earth Greener”. ”Artinya dengan menggunakan kendaraan listrik, kita berupaya menciptakan lingkungan bersih dan hijau, mengurangi polusi udara dan suara, serta pemanasan global,” tandas Nelwin.

KOLEKSI dibentuk secara virtual pada 17 Mei 2021. Kemudian dideklarasikan secara offline pada 23 Mei 2021, di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan. Sejauh ini sudah mengantongi 160 anggota teregistrasi, sedangkan di forum media sosial memiliki sekitar 300 sampai 400 anggota. Semua tersebar mulai dari Jabodetabek, Banten, Bandung, Yogyakarta, beberapa kota di Jawa Timur, Bali, Medan, Palembang, dan Lampung. Bagi yang minat bergabung, dapat mengunjungi www.koleksi.club, serta akun IG di @koleksievclub.


(uda)