Motor Baru

Moto Guzzi V100 Mandello Lahir, Terinspirasi Jet Tempur F 35B

Moto Guzzi V100 jadi jagoan baru di jajaran motor nyaman asal Italia. MG
Moto Guzzi V100 jadi jagoan baru di jajaran motor nyaman asal Italia. MG

Autogear.id - Moto Guzzi V100 Mandello resmi hadir untuk pasar Asia Pasifik melalui peluncuran di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa waktu lalu. Diselenggarakan di Piaggio Group Motoplex, motor ini diperkenalkan dengan seluruh versi dan warna yang tersedia. 

Selama acara, juga dibuka kesempatan untuk merasakan langsung tenaga dan kelincahan dari motor ini, melalui test ride yang menempuh jalur Dataran Tinggi Genting. Test ride dilanjutkan dengan melewati berbagai jenis jalan, termasuk jalan tol, untuk memungkinkan para pengendara menilai performa kendaraan di beragam kondisi jalur. 

“Melalui peluncuran regional ini, kami menegaskan komitmen untuk menghadirkan lini kendaraan terdepan. Sekaligus memperkuat keberadaannya di wilayah-wilayah penting seperti Jepang, Australia, dan Selandia Baru, seraya membuka lebih banyak peluang baru di berbagai negara Asia lainnya,” papar Head of Marketing Piaggio Group Asia Pacific, Nicola Capello dalam keterangan persnya, yang juga menjelaskan pentingnya kehadiran tunggangan baru ini di kawasan Asia Pasifik.

Moto Guzzi V100 Mandello reguler, V100 Mandello S, dan V100 Mandello Aviazione Navale. Dimana varian terakhir merupakan hasil kolaborasi dengan Angkatan Udara Italia. Bila dilirik dari tampilannya, Mandello Aviazione Navale memiliki warna yang terinspirasi dari jet tempur F-35B. Adapun unit spesial ini diproduksi terbatas, sekitar 1.900-an unit.

Baca Juga:
Lampu Kendaraan Ini Bebas Silau dan 800 Persen Lebih Terang

Untuk spesifikasi, mengutip dari laman resmi globalnya, tunggangan ini dibekali mesin 1.042 cc, DOHC, berkonfigurasi V-Twin 90 derajat, pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Dengan begitu, motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 115 Hp pada 8.700 rpm dan torsi puncak 104 Nm pada 6.750 rpm. Keseluruhan output tadi disalurkan ke roda belakang dengan sistem ride-by-wire 6-percepatan.

Mesin yang dipakai pada V100 terbaru adalah pengembangan paling anyar, yang diklaim pabrikan Piaggio berbeda dari model yang sudah ada sebelumnya. Suspensi depan motor ini sudah memakai upside down 41 mm, dengan fungsi pengaturan preload dan rebound. Sementara bagian belakang dibekali tipe monoshock dengan sistem pengaturan yang juga preload dan rebound.

Varian tertinggi, yakni V100 Mandello S dan Aviazione Navale ditanamkan peredam. Komposisi di depan pakai upside down Ohlins Smart EC.2.0 ukuran 43 mm. Fungsinya semi-active compression and rebound damping. Bagian buritan, dibekali monoshock full pengaturan dari Ohlins TTX Smart EC2.0, dengan semi-active compression dan rebound damping, serta remote preload adjustment.

Dijelaskan, khusus varian S terdapat pula fitur TPMS, pemanas handgrip, Moto Guzzi MIA, quick shifter up & down, serta livery 2 warna. Terdapat pilihan warna Verde 2121 (hijau) dan Grigio Avanguardia (grey) untuk versi S, dikombinasi velg Matt Black. Sedangkan varian standar tersedia warna Bianco Polare (putih) dan Rosso Magma (merah), dikombinasi velg Satin Gold.


(uda)