Motor Baru

Kawasaki Kenalkan Dua Tipe Dual-Sport Terbaru, Harga Rp50 Jutaan

Kawasaki langsung agresif meluncurkan varian baru di hari pertama Pekan Raya Jakarta di JIExpo hari ini. AG-S Alun S
Kawasaki langsung agresif meluncurkan varian baru di hari pertama Pekan Raya Jakarta di JIExpo hari ini. AG-S Alun S

Autogear.id – Setelah sekian lama tidak merilis produk secara offline, sekalinya hal tersebut dilakukan, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) langsung melengkapi line-up 2022 dengan memperkenalkan dua tipe dual-sport terbaru. Yakni KLX230S dan KLX230SM, di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2022).

Dikatakan Head Sales & Promotion KMI, Michael C. Tanadhi, pihaknya memang sudah sangat menanti momentum ini untuk menjawab kebutuhan konsumen di Tanah Air. "Kawasaki selalu coba komitmen mengembangkan teknologi baru. Dengan dua motor dual-sport, kami siap berikan kesenangan dan kenikmatan bagi pengguna motor di Indonesia,” terangnya.

Dikatakan, Kawasaki KLX230S tampil dengan penyempurnaan yang lebih agresif, sehingga diklaim KMI lebih menonjol dibanding pendahulunya. Kapasitas mesin KLX230S sama dengan yang digunakan KLX230SM, yakni transmisi 6-percepatan. Kemudian dibekali silinder tunggal dual katup, membuatnya mampu menghasilkan tenaga 18,7 HP, serta torsi maksimum 19,8 Nm.

Terdapat tiga fitur utama yang ditawarkan motor trail berkapasitas mesin 233cc ini, yaitu tenaga yang lebih stabil, rugged chassis dan high-performance capability. Selain itu, model ini memiliki tampilan khas Low Down Seat, atau jok yang didesain rendah, yang membedakan dengan tipe-tipe sebelumnya.

Baca Juga:
Begini Tampang Mobil Sport Listrik Hasil Permak Desainer Sneakers

"KMI meluncurkan motor KLX230S dengan tampilan low down seat 830mm yang tentunya menjadi ciri khasnya sekarang. Kami harap para pencinta motor trail dapat menikmati tampilan dan spesifikasi yang lebih mumpuni ini," tambah Michael.

Mengenai travel suspensinya, bagian depan 220mm dan belakang 223mm, sehingga mampu menerjang jalanan bergelombang. Selain itu, ground clearance-nya juga dirancang lebih tinggi, dengan jarak mencapai 210mm dari permukaan tanah. Hal itu bertujuan untuk menghindari motor dari benturan dengan bebatuan.

Bagaimana dengan model dual-sport terbaru yang satu lagi? Kawasaki KLX230SM, diakui sebagai model yang semakin memperkuat nama KLX. Menurut Line Head Sales Promotion PT KMI, Sucipto Wijono, para rider pemula yang menyukai motor kelas supermoto pasti akan menyambut dengan gembira kehadiran model alternatif yang lebih ringan dari D-Tracker X ini.

Dibekali mesin injeksi berpendingin udara, ke dalam rangka perimeter yang kompak, menawarkan khas supermoto ringan, namun kuat dan gampang diajak bermanuver di dalam kota. Sama seperti KLX230S, Kawasaki KLX230SM lebih stabil. Serta memiliki torsi rentang rendah hingga menengah yang mudah dikendarai.

Baca Juga:
Tips Cara Mudah Merawat Mesin Diesel Toyota

Sementara desain two-valve SOHC-nya yang simple namun tangguh, diklaim membuat motor ini tidak liar dikendarai dan lebih mudah dalam perawatan. Bicara kaki-kaki, KLX230SM dibekali suspensi depan jenis teleskopik dan model unitrak di belakang.

Untuk diameter roda depan dan belakangnya memakai ukuran 17 inci. Sistem pengereman motor sudahmenganut model cakram petal di depan dan juga belakang. Mengenai velg depan 3 inci dan belakang 3,5 inci, menandakan ukuran velg lebih lebar dibanding tipe KLX di bawahnya.

Suspensi juga diseting berorientasi aspal jalanan, sehingga mencakup pegas lebih kaku dan travel yang lebih sedikit dibanding suspensi long-travel KLX230S yakni depan 204mm dan belakang 168mm.

Pengaturan lebih kaku tadi, kiranya menawarkan ketenangan lebih besar bagi penggunanya. Lantaran bagian depan KLX230SM menukik lebih sedikit, dibanding KLX230S, saat terjadi pengereman. Terkait harga on the road DKI Jakarta, Kawasaki KLX230S dibanderol harga Rp49,9 juta. Sementara KLX230SM dipatok harga Rp54,5 juta.


(uda)