Motor Baru

Main di Kelas 125cc, Apa yang Menarik di Avenis?

Suzuki Avenis 125, motor anyar dari Suzuki untuk pasar Indonesia, bermain di segmen hi class 125 cc. SIS
Suzuki Avenis 125, motor anyar dari Suzuki untuk pasar Indonesia, bermain di segmen hi class 125 cc. SIS

Autogear.id – Suzuki kembali meluncurkan skuter matik (skutik) terbaru, Avenis 125, tak lama setelah Honda merilis Vario 125. Keduanya seakan mencoba mengisi celah model di kategori skutik 125cc. 2W Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Teuku Agha mengatakan, Suzuki memiliki rencana ke depan untuk menambah line-up model motor yang akan dipasarkan di Indonesia.
 
“Agar calon konsumen memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginannya. Pertama kami awali dengan kehadiran Avenis 125 yang stylish, sporty, nyaman dan efisien,” ujar Agha.
 
Avenis 125 tergolong kompak, memiliki panjang 1.895mm, lebar 710mm, tinggi 1.175mm dan ground clearance 160mm. Dilengkapi LED headlamp dan taillamp membantu visibilitas dengan baik. Garis tajam mengalir dari bagian depan hingga ke belakangnya.
 
Ruang penyimpanan barang lumayan besar hingga 21,8 liter, bisa untuk membawa helm dan barang bawaan lain hingga bobot 10 kg. Ditambah dua kantong penyimpanan tambahan di bagian depan, berukuran 1 liter dan 1,6 liter.

Baca Juga:
IMOS 2022 Dibuka Pekan Depan, Kuy! Intip Apa Aja Motor Listriknya

 
Seperti kebanyakan skutik era sekarang, pada bagian kantong penyimpanan Avenis 125 terdapat USB Socket. Untuk menambah daya baterai perangkat ponsel milik pengendara atau penumpang. Kenyamanan posisi duduk pengguna ditopang jok lebar desain two-tone cover.
 
Ada yang unik dari motor anyar ini adalah lokasi tutup pengisian bahan bakar yang ada di bagian belakang. Cukup praktis bagi pengendara, karena ketika mau isi bahan bakar tak perlu buka jok lebih dulu seperti skutik kebanyakan. Kapasitas tangkinya sendiri sebesar 5,2 liter. Penunjang keamanan, Avenis 125 telah dilengkapi teknologi Suzuki easy start system. 

embed

Terintegrasi dan memudahkan pengguna saat menghidupkan mesin motor. Lalu fitur safety shutter key, sebagai keamanan lubang kunci saat motor terparkir. Ada juga fitur side stand engine cut-off switch, membuat mesin non-aktif jika standar samping diturunkan. Sementara teknologi brake lock system yang memastikan kondisi ban terkunci dengan aman saat terparkir.
 
Tak luput, fitur tak kalah penting adalah ICBS (Integrated Combined Braking System), mengintegrasikan rem bagian depan dan belakang ketika digunakan. Mempermudah kontrol kendaraan saat mengerem dan dapat mengurangi jarak pengereman dalam kondisi tertentu.

Baca Juga:
Mainkan Segmen Mainstream, BFGoodrich Jajal Ban Aspal untuk SUV

 
Tampilan Full Digital Instrument Panel-nya menyajikan beragam informasi seputar kendaraan lebih dari sekadar kecepatan. Lewat komponen tersebut, pengguna bisa memantau eco drive indicator, engine temperature, dan battery voltage. Juga untuk melihat digital clock, fuel gauge, oil change indicator, dual trip meter, average fuel consumption dan engine check indicator.
 
Performa Avenis 125 ditopang teknologi mesin SEP (Suzuki Eco Performance) berkapasitas 125cc SOHC (Single Over Head Camshaft), 1 silinder - 2 katup, fuel injection dan berpendingin udara dengan tenaga sebesar 8,7 PS/6750 RPM dan torsi sebesar 10 NM/5500 RPM.
 
Tersedia dalam 3 pilihan kelir, yaitu Pearl Mirage White/Metallic Matte Fibroin Grey, Mettallic Matte Black/Glass Sparkle Black dan Metalic Matte Fibroin Grey/Metallic Lush Green. Avenis 125 bisa diangkut pulang dengan harga Rp29,97 juta On the Road (OTR) Jakarta.
 
Rencana kemunculan perdana Avenis 125 langsung di mata publik adalah pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS), 2-6 Nopember 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.


(uda)