Bengkel Mobil

Kepoin Proses Kelola Limbah Bengkel Bodi dan Pengecatan Auto2000

Mengolah limbah pengecatan bodi kendaraan, begini cara Auto2000. Auto2000
Mengolah limbah pengecatan bodi kendaraan, begini cara Auto2000. Auto2000

Autogear.id – Selama ini diklaim, sebagai salah satu tulang punggung bisnis after sales Auto2000, pelayanan Body & Paint (BP) punya tata kelola limbah komprehensif. Mereka tak berefek buruk pada lingkungan, khususnya di sekitar area produksi. Kemudian pada sektor produksi, limbah udara yang dibuang secara periodik akan dilakukan pengukuran.

Demi mendukung hasil tetap sesuai baku mutu, maka dilakukan analisa gas buang dan perawatan combibooth. Seperti penggantian berkala filter-filter, membuat sirkulasi udara dan pembersihan area pengecatan. Kemudian limbah pengecatan seperti cairan thinner bekas pencucian spray gun, juga dikelola dengan  dikumpulkan dalam drum.

Cairan akan terpisah dalam kurun waktu tertentu di dalam drum, menjadi endapan di bagian bawah dan cairan thinner di bagian atasnya. Kemudian cairan thinner ini dapat di re-use sebagai cairan pembersih combiboth dari overspray (o/s). Sedangkan endapan dibawa transporter ke perusahaan pengolah limbah. Disuling kembali menjadi thinner siap pakai.

Limbah pendempulan, juga dilakukan proses tata kelola yang baik. Di mana akan dialirkan melalui saluran khusus, yang disebut dengan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah). Secara lebih jauh dijelaskan, dempul yang sifatnya menggumpal dari proses pekerjaan, akan tertampung di dempul trap. Lalu dikumpulkan, dan dibawa transporter ke perusahaan pengolah limbah. 

Baca Juga:
16 Pembalap Muda AHRS, Mulai Belajar Kurikulum Balap Dunia

Airnya sendiri akan terus menuju ke IPAL, melewati beberapa proses filtrasi. Sehingga air yang dibuang ke saluran umum sudah bersih, tidak mencemari lingkungan. Debit air yang dibuang juga tercatat. 

Selanjutnya yang terakhir ada limbah majun (atau kain), khususnya untuk pembersihan oli/thinner. Juga dijadikan satu untuk dibawa transporter ke perusahaan pengelola limbah. “Ini merupakan langkah nyata dari Auto2000, mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, khususnya dari limbah BP Auto2000,” tukas GR&BP Service Head Auto2000 Pasar Kemis, Antonius Irwan. 

Auto2000 Pasar Kemis sendiri kata Irwan merupakan salah satu bengkel mereka yang terlengkap layanannya di Provinsi Banten. Punya fasilitas showroom dan area bengkel seluas 10.770 m2, serta area BP seluas 13.900 m2. Layanan after salesnya  ditunjang 21 stall general repair, yang melayani kebutuhan servis berkala dan perbaikan teknis.

Sedangkan yang paling besar, area layanan perbaikan BP  mencapai 68 production dan support stall. Terdiri atas 36 stall reguler, 10 stall express BP, serta 22 support stall. Layanan BP jadi salah satu keunggulan Auto2000 Pasar Kemis, karena merupakan salah satu fasilitas yang terlengkap dan termodern di Banten area. Ini mengakomodir tingginya kebutuhan fasilitas perbaikan mobil Auto2000 di wilayah Banten, juga beberapa kota penyangga Jakarta.

Baca Juga:
Selain Motor Listrik, Motor ICE Bakal Menggebrak di IMOS 2022?

Sebut saja Tangerang dan Tangerang Selatan, yang hanya punya 3 cabang, yaitu Auto2000 Cikokol, BSD dan BSD City. Dari demografinya, Auto2000 Pasar Kemis siap melayani  sampai Kota Serang dan pelosok provinsi Banten. Sejak resmi mendapatkan otorisasi dari Toyota, layanan BP Auto2000 Pasar Kemis mencapai 20 unit perhari. Perinciannya 60 persen masuk perbaikan ringan, 25 persen menengah, dan 15 persen berat.  


(uda)