Modifikasi Motor

Gokil, Honda Supra Disulap Jadi Truk Pick Up Mini Lawas!

Modifikasi motor Supra jadi sebuah mobil pikap mini dengan tampilan klasik. istimewa
Modifikasi motor Supra jadi sebuah mobil pikap mini dengan tampilan klasik. istimewa

Autogear.id – Pada tahun 2000 an, nama motor Honda Supra terdengar familiar di telinga. Motor tipe cub dengan desain lebih trendi, dan dikenal lewat efisiensi bahan bakarnya. Memang, kendaraan roda dua tipe cub atau lebih dikenal dengan sebutan motor bebek, kala itu masih menjadi pilihan dan banyak digemari pengendara. Sebelum kemudian didominasi oleh kehadiran skuter matik atau skutik.
 
Ternyata meski waktu terus berjalan, motor Honda Supra masih digemari dan sanggup menginspirasi serta memotivasi. Paling tidak bagi sosok Chardo, modifikator otomotif asal Tulungagung, Jawa Timur. Chardo melakukan sesuatu yang edan, out of the box. Dengan keterampilannya, dia bongkar total motor bebek Honda Supra. 

Disulapnya menjadi kendaraan roda empat. Berbentuk truk mungil, minion pickup truck berpenampilan klasik. Tidak tanggung-tanggung, dia permak habis-habisan perwujudan motor tersebut. Dengan memotong-motong rangkanya, lalu diubahnya menjadi sebuah bentuk baru yang bikin geleng-geleng kepala siapapun yang melihatnya.
 
Tahapan awal yang dilakukan Chardo dalam eksperimennya adalah mendesain dan mengembangkan ulang rangka lama, menjadi  rangka baru dengan menggunakan pipa ukuran 1 dim. Satu-persatu dia pereteli, kemudian dia comot 4 buah roda mobil ATV, untuk dipasangkan di komponen kaki-kaki kendaraan modifikasinya. Lalu posisi dan dudukan rangka diperkuat, dengan sentuhan las listrik di sana-sini.

Baca Juga:
Cara Aman Pakai Charger di Motor, Jangan Pakai Dua Lubang

Namun tak selesai sampai di situ, lantaran yang digarapnya baru sebatas rangka utama. Sementara rangka cangkang, atau rangka pembungkus truk mini jadi-jadian ini juga perlu dibuat berbeda. Kendati dia tetap menggunakan pipa 1 dim untuk membentuk cangkangnya, tapi dia gunakan lempengan logam setebal 1 mm menjadi kulit pembungkusnya.

Lini lampu-lampu, kaca spion, sampai engsel-engsel pintu dilengkapi dan dibuat sedetail mungkin. Demi memenuhi ekspektasi ke arah perwujudan kendaraan pikap mini. Semua benar-benar diolahnya hingga menyerupai bentuk tadi. Begitu pula bagian bak belakang dan kap mesinnya.

Bicara daerah mesin, Chardo tidak melakukan oprek berat pada area tersebut. Hanya sedikit kutak-kutik dan bore up ringan, untuk meningkatkan performanya. Pasalnya ada penambahan rangka dan cangkang baru. Alhasil menambah bobot dari Honda Supra keluaran tahun 2000 ini

Sebenarnya, apa yang dikerjakan Chardo, bukan sekadar yang melintas di pikirannya. Sedikit banyak, inspirasi yang dia peroleh tercetus sewaktu dia melihat-lihat truk pikap lawas merek Chevrolet di tahun 1950-an dari media. “Sebenarnya mirip dengan karakter di film anak-anak “Cars”. Di dalamnya ada tokoh Mater, truk towing atau truk penarik yang seluruh bodinya berkarat,” tukasnya.

Baca Juga:
Kemenangan Perdana Loeb, Peterhansel Kekuatan Baru Audi

Walaupun tidak sepenuhnya mirip karakter Mater di film Cars, yang jelas besutan Chardo sudah bisa membuat terkesima mereka yang menatapnya. Setelah proses pengerjaan selesai, Chardo pun mengendarai Supra mini pikap buatannya untuk berkeliling kota.


(uda)