Deus Ex Machina Garap 'Aka Tombo' Mirip Yamaha YA1, Penasaran?

New XSR 155 Aka Tombo garapan Deus Ex Machina terinspirasi dari Yamaha YA1 (Foto: Deus Ex Machina)
New XSR 155 Aka Tombo garapan Deus Ex Machina terinspirasi dari Yamaha YA1 (Foto: Deus Ex Machina)

Autogear.id – Yard Built, ajang modifikasi dan custom motor Yamaha All New XSR 155 oleh para builder bertalenta Indonesia menjamah pulau Dewata, Bali. Salah satu bengkel custom popular di sana, Deus Ex Machina ‘Temple of Enthusiasm’, terpilih untuk berkolaborasi bareng Yamaha Indonesia. Deus diminta melahirkan motor custom program Yard Built Special.

Lantas, konsep ‘Aka-Tombo’ dipilih Deus dalam merombak All New XSR 155 Standard, agar terlihat menjadi lebih heritage. Dengan adanya penerapan konsep custom tersebut, dalam imajinasi Deus, tampilan berikutnya dari motor All New XSR 155 yang dikerjakannya akan menyerupai motor legendaris Yamaha YA1, yang hadir sekitar pertengahan tahun 1950 an. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa arti dari kalimat ‘Aka-Tombo’, yang disematkan Deus untuk motor custom garapannya? Ternyata itu merupakan bahasa Nippon, yang berarti Red Dragonfly. Nah, Red Dragonfly atau Capung Merah pada waktu itu menjadi julukan bagi motor Yamaha YA1.

“Aka-Tombo adalah motor pertama produksi Yamaha Motor Company. Garapannya memancarkan jiwa ‘Moto & Surf’, yang memberikan kesenangan dan membawa keseruan,” cerita Anthony Mclnerheney, Concept Designer dari Deus Ex Machina.

Diakui Anthony, motor Yamaha All New XSR 155 ini punya platform yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan custom. “Karena sudah sangat mendukung, baik secara desain, frame, fitur hingga mesin 155cc nya,” ungkapnya.
 
Saat ini proses pembuatan All New XSR 155 ‘Aka-Tombo’ telah memasuki tahap akhir. Siap-siap diperkenalkan ke publik. Deus sudah menyelesaikan beberapa ubahan utama pada motor tersebut. 

Mulai dari ubahan subframe, kaki-kaki, dan swingarm. Selanjutnya, Deus akan melakukan proses finishing. Seperti pengecatan, dan pemasangan berbagai part kecil pada motor. Jadi buat yang penasaran, tunggu saja sejenak gebrakan dari Aka Tombo ya.


(acf)