Autogear.id: Menjawab keterbatasan mobilitas pelanggan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat wabah Covid-19, brand otomotif mencoba menghadirkan berbagai macam platform layanan konsumen. Tujuannya, agar pelanggan tetap mudah mendapatkan informasi produk, teknologi, dan servis yang ditawarkan.
Salah satu brand otomotif yang saat ini memiliki platform lengkap adalah Toyota. Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto menjelaskan lewat plartform digital, pihaknya berupaya memberi semangat bersama-sama dalam melawan Covid-19.
“Toyota sebagai perusahaan mobilitas akan selalu berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi pelanggan dan juga kepada masyarakat. Kami mempunyai channel layanan pelanggan yang lengkap untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan di tengah kondisi saat ini,” ujar Henry dalam keterangan resminya, Selasa (14/4/2020).
Adapun saluran komunikasi yang dapat diakses konsumen antara lain chatbot Toyota yaitu layanan Toyota Interactive Virtual Assistant yang dihadirkan untuk dapat memberikan informasi terbaru dari Toyota kepada pelanggan. Melalui Chatbot Toyota, pelanggan mendapatkan berbagai informasi mengenai produk, tips perawatan terbaik, program penjualan, dan berbagai hal lainnya.
Layanan ini dapat diakses melalui Facebook Messanger, LINE, dan Whatsapp. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan komunikasi melalui beragam jenis sosial media lainnya seperti Twitter, Instagram, dan Youtube resmi millik Toyota.
Agar memudahkan pengguna smartphone, Toyota juga menyediakan aplikasi mobile mToyota dengan tiga aspek keunggulan yang mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement. Aplikasi ini dapat di download melalui Google Playstore dan Apple Appstore.
Selain platform berbasis digital, konsumen tetap bisa datang langsung ke dealer resmi Toyota, berinteraksi melalui call centre Toyota yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1500315 atau melalui email customer-care@toyota.astra.co.id.
“Total Ownership Experience merupakan semangat yang Toyota usung untuk menghadirkan kepuasan pelanggan yang menyeluruh dimulai dari proses pencarian informasi, pembelian, hingga aftersales. Komitmen tersebut terefleksi dari produk maupun program yang dihadirkan Toyota,” ungkap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.
Saluran komunikasi lengkap membuat brand Jepang tersebut meraih predikat sebagai perusahaan otomotif roda empat dengan layanan contact center terbaik pada ajang Contact Center Service Excellence Award 2020.
Kemudahan akses informasi merupakan salah satu aspek vital dalam industri otomotif saat ini. Tak hanya Toyota, pabrikan lain seperti Suzuki, BMW, Daihastu, serta Mitsubishi juga terus mengembangkan wadah informasi dengan platform digital.
(uda)