Teknologi Kendaraan Niaga

Masuki Tahun Baru, Apa Kabar Fuso Euro4?

Mitsubishi Fuso ikut serta mendukung berlangsungnya kebijakan standar Euro4 di Indonesia. KTB
Mitsubishi Fuso ikut serta mendukung berlangsungnya kebijakan standar Euro4 di Indonesia. KTB

Autogear.id – Implementasi kebijakan standar Euro4 di Indonesia terus bergulir. Terkait standarisasi Euro4 tersebut, memasuki tahun 2023 ini sejumlah pemain di segmen kendaraan niaga khususnya truk, juga terus berjalan mengimbanginya. 

Salah satunya adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia. Truk Fuso kelihatan benar-benar tak mau ketinggalan. Ikut serta dalam mendukung berlangsungnya kebijakan standar Euro4 di Indonesia. Antara lain dengan memperkuat sejumlah line up nya. 

Terlihat ketika belum lama ini secara resmi truk Fuso sempat meluncurkan puluhan jajaran produk terbarunya. Bahkan tidak main-main, truk Fuso waktu itu langsung memperkenalkan 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X.
 
Kendaraan yang hadir dengan standar Euro4 ini dikatakan mewarisi DNA “Colt Diesel”, produk kendaraan niaga terlarisnya di Indonesia. Dalam hal ini Colt Diesel dan Fighter telah berganti nama menjadi Canter dan Fighter X, lewat tampilan warna kabin baru dan sejumlah penyempurnaan di sisi teknis.

Baca Juga:
Mesin Cas Baterai EV Hadir di Resta Pendopo KM 456B Tol Trans-Jawa

Tentunya Fuso menyadari, dengan dihadirkannya sebuah produk baru, bukan hanya sebatas memperkenalkan. Melainkan juga membuktikan kalau produk baru tersebut mampu diserap pasar. Apalagi belakangan sejumlah pertanyaan mengemuka, sebenarnya seberapa jauh pasar kendaraan niaga siap menerima kehadiran unit berstandar Euro4?

Ternyata terbukti, kalau pasar telah siap menerimanya. Menilik data dari PT KTB yang menyampaikan, selama tiga bulan acara Fuso Euro4 Regional Launching periode Juni hingga Agustus kemarin, truk Fuso Euro4 tergolong laris manis bak mainan anak Lato-Lato.

Lewat agenda yang digelar dalam 26 event di 22 kota, serta melibatkan sedikitnya 52 dealer itu, Fuso sukses mencatatkan surat pemesanan kendaraan (SPK) 4.378 unit. Perinciannya adalah truk Canter 3.399 unit dan Fighter X 979 unit. Ditambah 12.262 paket Mitsubishi Fuso Genuine Parts.

Total lebih dari 5.000 orang berpartisipasi dalam event yang berlangsung selama dua hari tersebut. Yaitu launching gala dinner di hari pertama, dan test drive di hari kedua. Pada kesempatan itu, konsumen dapat merasakan langsung ketangguhan dan kekuatan unit truk Fuso Euro4.

Begitupula pada pameran Gaikindo Indonesia International  Auto Show (GIIAS) 2022, sebagai satu dari beberapa event otomotif rujukan masyarakat. Di sini Fuso juga berhasil menorehkan SPK sebanyak 1.699 unit. Rinciannya adalah Fuso Canter 1.113 unit, dan Fighter X 586 unit. Pastinya pemesanan terus bertambah, seiring berjalannya waktu dari pelaksanaan GIIAS 2022 hingga saat ini.

Baca Juga:
Konsisten Gandeng Gresini Racing, Federal OilTM Optimis di MotoGP 2023

Capaian tersebut menandakan kalau masyarakat sedikit banyak sudah bisa memahami, sekaligus menerima kehadiran truk berstandar Euro4 dengan segala keunggulannya. Apalagi, keberadaan truk sebagai kendaraan yang tidak bisa lepas dari kegiatan perekonomian di Tanah Air. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, penjualan truk secara nasional pada Oktober 2022 menyumbang 22,4 persen atau di angka 8.406 unit, untuk pasar otomotif Indonesia.

Kembali mengacu dari data penjualan wholesales Gaikindo selama Oktober 2022, Mitsubishi Fuso menduduki porsi terbesar. Lewat varian Canter FE sebanyak 2.607 unit. Urutannya adalah sebagai berikut; pertama Mitsubishi Fuso Canter FE sebanyak 2.607 unit.

Disusul oleh Isuzu NMR71T SDL sebanyak 1.120 unit. Lalu posisi ketiga diisi Hino FM 280 sebanyak 761 unit, kemudian yang keempat bertengger Hino 36HDX sebanyak 721 unit, dan kelima Isuzu NLR 55 sebanyak 429 unit. 

Baca Juga:
Juara Dunia MotoGP 2022 Pecco Bagnaia, Pakai Angka 1

Apa yang diraih Fuso tersebut membuat President Director PT KTB, Nobukazu Tanaka turut bergembira. Dia mengaku senang, mengetahui kalau produk Fuso Euro4 sudah dapat diterima dengan sangat baik oleh konsumen. 

“Setelah pengiriman unit, kami akan terus menunjang bisnis konsumen dengan dukungan penuh dari tim purna jual. Melalui jaringan dealer terluas di seluruh Indonesia, kami memastikan konsumen terlayani dengan baik,” pungkasnya.


(uda)