Teknologi Otomotif

Mengapa NEV BYD Laris di Pasar Global? Nih Jawabannya!

Teknologi ini yang bikin BYD kian mantap diterima masyarakat Indonesia secara keseluruhan. AG-Uda
Teknologi ini yang bikin BYD kian mantap diterima masyarakat Indonesia secara keseluruhan. AG-Uda

Autogear.id - Banyak yang menganggap bahwa mobil-mobil produksi Tiongkok kini bukan lagi kualitas kacangan. Faktanya memang seperti itu, apalagi ketika brand yang dikenal dengan Build Your Dreams atau BYD memperlihatkan semua kemampuan dan teknologi elektrifikasi yang mereka miliki, bisa dibilang jauh lebih unggul dari pabrikan kendaraan mana pun. 

"Inovasi BYD dalam teknologi baterai terwujud dalam Blade Battery dan konsep Cell-to-Body yang membentuk fondasi yang revolusioner dalam dunia mobilitas listrik. Blade battery menghadirkan keseimbangan optimal antara daya, keamanan, dan efisiensi, menetapkan standar baru untuk baterai kendaraan listrik," ujar Chief Advisor BYD Auto Japan, Tatsuya Mikami saat mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 akhir pekan lalu. 

Mikami San melanjutkan bahwa pendekatan Cell-to-Body menyatukan sel baterai langsung ke struktur bodi, memaksimalkan efisiensi ruang, meningkatkan keamanan, dan menciptakan kendaraan yang lebih ringan dan ramah lingkungan. Hal inilah yang kemudian membuat mobil mereka benar-benar mobil yang tercipta sebagai mobil listrik seutuhnya.

Cell-to-body (CTB) dan cell-to-pack (CTP) dalam e-platform 3.0 untuk mobilitas berkelanjutan
E-platform 3.0 mencakup tiga hal penting, yaitu Blade Battery, 8-in-1 powertrain, dan thermal management control, yang digunakan pada Dolphin, Atto 3, dan Seal. Ada dua struktur pemasangan baterai pada e-platform 3.0, yaitu cell-to-pack (CTP) dan cell-to-body (CTB).

Baca Juga:
Honda Bareng Red Bull Racing Siap Pertahankan Gelar Juara F1 Tahun Ini

BYD mengadopsi cara pemasangan CTP pada unit BYD Dolphin dan BYD Atto sedangkan untuk CTP diadopsi untuk unit BYD Seal. Pemasangan CTP dengan dikumpulkan menjadi satu pack (struktur) dengan ditambahkan lempengan/panel (cover) sebelum dipasang ke e-platform 3.0 sedangkan CTB langsung dipasang dengan ke e-platform 3.0 tanpa ada panel tambahan. 

Tenaga CTB lebih besar dengan menggunakan baterai yang lebih banyak karena baterai langsung terintegrasi dengan body mobil. Kondisi itu membuat tersedianya 25% ruang yang lebih besar dari CTP dan menghasilkan tingkat keamanan yang lebih besar. Sementara itu, pemasangan CTP mampu menunjang daya EV dengan performa yang lebih bertenaga.

Semua tipe dari CTP dan CTB sudah lolos uji keselamatan standar Eropa dengan meraih New Car Assessment Programs (NCAP) lima bintang. Ini membuktikan bahwa tingkat keamanan EV BYD yang menggunakan CTP dan CTB teruji dan terbukti aman, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam penggunaan EV BYD. Khusus untuk BYD Seal, CTB berfungsi untuk meningkatkan performa dan keseimbangan dalam akselerasi.


(uda)