Industri Otomotif

Ini Alasan Mitsubishi Anggap Indonesia Pasar Penting di ASEAN

Indonesia jadi pasar penting di kawasan ASEAN untuk mobil-mobil Mitsubishi lantaran daya serap yang tinggi. AG-Alun
Indonesia jadi pasar penting di kawasan ASEAN untuk mobil-mobil Mitsubishi lantaran daya serap yang tinggi. AG-Alun

Autogear.id – Banyak yang beranggapan, tahun 2022 kemarin sebagai jembatan penghubung antara masa penuh tantangan selama pandemi Covid-19, dengan masa pemulihan ekonomi di tahun 2023 ini. Pasar otomotif selama tahun 2022 hampir kembali ke level sebelum pandemi tahun 2019, dimana tembus hingga 1 juta unit.  Berarti tumbuh sebesar 17 persen dibandingkan tahun 2021. 

Diakui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mereka berhasil memanfaatkan momentum tahun 2022. Lewat capaian positif penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan. Pabrikan asal Jepang ini sukses menjaga pangsa pasar sebesar 10,6 persen pada tahun 2022.

Diperkuat lagi oleh proyeksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) terkait penjualan mobil baru sebanyak 975.000 unit. Menjadi dorongan tersendiri bagi merek berlogo tiga berlian ini untuk terus mempertahankan eksistensi. Sambil berbenah diri, meningkatkan kualitas pada sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada pelanggannya. 

“Terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis kami dan melewati berbagai tantangan yang ada di tahun 2022. Upaya kami tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi,” kata Eks Presiden Direktur MMKSI, Naoya Nakamura.

Baca Juga:
Modal Ganti Warna, Vespa Primavera Ini Dibanderol Rp60 Juta

Dan pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen”, ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 – Maret 2023, dalam acara buka puasa bersama media, Rabu (5/4/2023).

Lanjut mantan Presdir yang sanggup membawa perusahaannya menghadapi masa-masa berat di era pandemi ini, apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian di tahun 2022 menjadi semangat dan motivasinya.

Pihaknya kuat berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di kawasan ASEAN. Menjadi torehan tinta emas tersendiri bagi Nakamura, ketika dia mampu memboyong perusahaan yang dipimpinnya, dalam pemecahan rekor angka penjualan terbesar untuk merek ini sepanjang sejarahnya di Indonesia. 

Dimana pada tahun 2021 lalu, dengan total penjualan 104.407 unit, atau berkontribusi lebih dari 12 persen terhadap penjualan MMC secara global. Ini sekaligus menjadikan pabrikan yang bercokol di Indonesia sejak tahun 1970 ini sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.

Baca Juga:
Kandungan Lokal ALVA One Capai 44 Persen, Fix Dapat Subsidi!

Sebagai penerus Nakamura, Atsushi Kurita selaku Presdir baru yang efektif mulai 1 April 2023 langsung memulai strateginya ke depan. “Upaya Kami dalam meningkatkan merek, kualitas produk dan layanan di Indonesia telah dirasakan dan direspon dengan capaian penjualan positif. Saya sangat antusias dan bersemangat melaksanakan tugas baru ini dan menyambut tahun fiskal 2023,” ungkap Kurita mantan petinggi Mitsubishi Fuso, di dalam acara yang sama.

Pengalaman tahun lalu, menjadi motivasi dan bekal sangat berharga bagi dirinya untuk meraih capaian yang lebih baik lagi. “Saya mohon dukungan lebih lanjut dari teman-teman media, dan saya sangat terbuka untuk berdiskusi. Mendengar pendapat untuk kemajuan perusahaan ini di masa-masa mendatang,” ungkapnya. 


(uda)