Serba-Serbi Formula 1

Teken Kontrak dengan Renault, Fernando Alonso 'Comeback' ke F1

Bergabung dengan Renault, Fernando Alonso resmi kembali ke F1. planetf1
Bergabung dengan Renault, Fernando Alonso resmi kembali ke F1. planetf1

Autogear.id: Rumor kembalinya Fernando Alonso ke balapan Formula 1 akhirnya terealisasi. Pemegang dua gelar juara dunia F1 tersebut resmi dikontrak oleh tim Renault, Rabu (8/7/2020). Mantan pembalap Ferrari tersebut akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Daniel Ricciardo di Renault.

Renault sendiri sebenarnya telah menghadirkan sejarah hebat bagi Alonso. Pasalnya, di tim inilah Alonso meraih dua titel juara pada musim 2005 dan 2006. 

"Renault adalah keluarga saya, kenangan terindah saya di F1 dengan dua titel juara dunia. Ini sumber kebanggaan yang luar biasa dan dengan emosi yang sangat besar saya kembali ke tim," kata Alonso dikutip dari situs Renault. 

Sementara itu, pihak Renault yakin kehadiran Alonso akan mengangkat tim Renault ke papan atas. 

“Dia (Alonso) adalah pembalap hebat yang kembali ke F1. Ia memiliki pengalaman lain dan bersedia membangun dengan tim yang sangat dicintainya. Prinsip kerja dan kecerdikan serta DNA Alonso yang ditentukan oleh keuletan dan bakat murni membuat keputusan ini jelas." 

"Dia akan menjadi aset besar dalam upaya untuk memenangkan kembali gelar dan akan memberi makna pada komitmen Renault ke tingkat tertinggi motorsport," jelas keterangan resmi Renault F1. 

Sebelumnya, Alonso sudah memutuskan pensiun di akhir musim 2018. Namun ia tidak sepenuhnya vakum dari dunia motorsport. 

Selepas F1, Alonso aktif berkompetisi di beberapa cabang balapan berbeda seperti Indy Car, hingga Rally Dakar. 

Di kancah Formula 1, Alonso tercatat berhasil meraih 32 kemenangan dan 97 podium dari 314 Grand Prix yang dijalani bersama berbagai tim. 

 

 

 


(uda)