Teknologi Otomotif

Digitalisasi Logistik, 100 Unit GPS Siap Dimanfaatkan Kemenparekraf

McEasy bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) memberikan 100 perangkat Global Positioning System (GPS). McEasy
McEasy bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) memberikan 100 perangkat Global Positioning System (GPS). McEasy

Autogear.id – Sektor pariwisata sejumlah daerah di Indonesia terus digenjot, dalam upaya pemulihan pasca pandemi beberapa waktu lalu. Sebagai bentuk dukungan demi memperkuat kembali sektor pariwisata, dalam hal ini di Pulau Bali. McEasy bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) memberikan 100 perangkat Global Positioning System (GPS).

Pemberian perangkat GPS tersebut terkait dalam rangkaian acara Future SMEs Village, yang berlokasi di Bali Collection, Nusa Dua, Bali (15/11/2022). Nantinya, 100 buah perangkat GPS tadi akan didistribusikan melalui Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI). Diberikan kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang transportasi dari sektor pariwisata. Seperti mobil rental, travel, dan shuttle bus.

Seremoni serah terima perangkat GPS ini dilaksanakan langsung Menparekraf RI, Sandiaga Uno dan Chief Business Officer McEasy, Andi Setiadi. Adapun kolaborasi ini kiranya sejalan dengan imbauan pemerintah, yang tertuang dalam peraturan Menteri Perhubungan No. PM  117 tahun 2018.

Yakni tentang penyelengaraan angkutan orang untuk keperluan pariwisata harus memenuhi persyaratan; “dilengkapai dengan alat pemantau untuk kerja pengemudi yang dapat merekam kecepatan kendaraan dan perilaku pengemudi dalam mengoprasikan kendaraan.”

Baca Juga:
Ikut Touring dan Pameran, eCanter Dukung Perhelatan KTT G20

“Kami sangat mengapresiasi McEasy, atas partisipasinya dengan membawa 100 perangkat GPS, guna mengoptimalkan operasional dan mendorong digitalisasi sektor logistik,” kata Sandiaga Uno.

Menteri berharap, semoga dengan hadirnya kontribusi dari McEasy ini dapat membangkitkan dan memperkuat kembali potensi pariwisata yang terdampak pandemi, dalam hal ini di Pulau Bali. Sehingga perkonomian di Bali Kembali menguat.

Andi Setiadi menyampaikan, pihaknya merasa senang dengan keterlibatan McEasy bersama pemerintah, guna mendukung digitalisasi UKM sektor pariwisata. “Maka dari itu kami akan terus bekerja sama secara aktif, dengan pemerintah Indonesia. Berharap dukungan 100 unit GPS kami kepada UKM di Bali, dapat semakin memperkuat ekonomi sektor pariwisata dengan langkah digitalisasi,” tuturnya.

Menyangkut Future SMEs Village Bali 2022 sendiri, hadir mengusung tema ‘Local Wisdom for Global Sustainability’. Merupakan bentuk kepedulian dari Kementerian Koperasi dan UKM, terhadap pengusaha lokal dan pengrajin dalam negeri. Terutama diharapkan dapat menarik perhatian dan memamerkan hasil karya anak bangsa, kepada tamu-tamu dan delegasi negara lain selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, yang baru saja berlalu.

Baca Juga:
Retroistyle, Ajang Kopdar Sambil Kontes Puluhan Mobil Lawas

Selain itu, dalam kesempatan yang sama McEasy juga menghadirkan program Spekta 2022. Yaitu sebuah program dengan berlangganan produk TMS (Transportation Management Sytem) McEasy, pelanggan berhak mendapatkan gratis asuransi pengemudi untuk minimal 20 armada.


(uda)