Unik, Satpol PP dan Linmas Solo Sosialisasi Prokes Naik Skuter Listrik

Satpol PP dan Linmas sosialisasi prokes menggunakan skuter listrik (Foto: Media Indonesia)
Satpol PP dan Linmas sosialisasi prokes menggunakan skuter listrik (Foto: Media Indonesia)

Autogear.id - Pandemi covid-19 yang sementara ini masih terjadi di Bumi Pertiwi, mendorong semua pihak untuk selalu aktif dan peduli. Agar penyebaran covid-19 tidak berlarut-larut dan pandemi dapat segera berakhir.

Kepedulian dan aktivitas dalam hal ini terutama untuk lebih memfokuskan kepada menjaga kesehatan, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Baik di sekitar rumah dengan anggota keluarga masing-masing, maupun di lingkungan tempat tinggal. 

Adapun prokes yang diterapkan umumnya sama-sama sudah diketahui. Antara lain yakni dengan rutin melakukan aktivitas mencuci tangan, kemudian selalu menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan orang lain, serta senantiasa memakai masker dan menjaga jarak fisik atau tidak berkerumun.

embed

Pemerintah daerah (Pemda), dibantu sejumlah instansi terkait pun seakan tak bosan-bosan untuk mengimbau masyarakat, agar selalu menjaga prokes yang sudah ditetapkan ini. 

Para aparat pemda gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dengan berbagai cara unik dan kreatif. Tujuannya tentu tak lain agar semakin memudahkan dalam pelaksanaan tugas yang diemban, serta lebih efektif dalam menjangkau target sasaran yang sudah ditentukan.

Salah satu bentuk kreativitas yang diwujudkan aparat pemda dalam pensosialisasian prokes adalah dengan memanfaatkan kendaraan roda dua, yang biasa disebut otoped atau skuter.

Seperti yang dilakukan para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Perlindungan masyarakat (Linmas) di wilayah Solo, Jawa Tengah (Jateng). 

embed

Mereka yang dalam bertugas terbagi ke beberapa kelompok kecil, bareng-bareng menaiki skuter listrik saat melakukan sosialisasi prokes di Kampung Nusukan, Banjarsari, Solo, Jateng, Minggu (1/8).

Pemerintah Kota Solo, Jateng memang telah secara matang mempersiapkan, untuk memfasilitasi para petugas Satpol PP dan Linmas ini dengan skuter listrik. 

Sehingga saat melakukan sosialisasi prokes kepada masyarakat yang tinggal di perkampungan semakin lebih efektif. Pasalnya skuter listrik yang mereka kendarai ini dapat menjangkau hingga pelosok gang sempit. 

Ditambah lagi, dengan menggunakan skuter listrik ini, para petugas Satpol PP dan Linmas yang melaksanakan sosialisasi tersebut menjadi tidak terlalu kelelahan, dibanding harus berjalan kaki. Alhasil, mereka pun tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas, demi mencapai hasil optimal.


(acf)