Honda Kembali Jadi Sponsor Utama F1 GP Jepang 2021

Aksi Max Verstappen dan mobil F1 Honda Red Bull Racing di sirkuit (Foto: Honda Motor)
Aksi Max Verstappen dan mobil F1 Honda Red Bull Racing di sirkuit (Foto: Honda Motor)

Autogear.id - Balap kejuaraan dunia Formula One (F1) 2021 Japanese Grand Prix (GP) akan berlangsung di Sirkuit Suzuka, Prefektur Mie, 8 - 10 Oktober 2021. F1 GP Jepang tersebut tahun ini akan dihelat dengan nama resmi ‘FIA Formula One World Championship Honda Japanese Grand Prix 2021’.

Pun sejak jauh-jauh hari, Honda Motor Co., Ltd secara resmi mengumumkan, akan kembali menjadi sponsor utama dari agenda bergengsi tersebut. Koji Watanabe, Chief Officer for Brand and Communication Operations, Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, Honda merasa sangat terhormat untuk kembali menjadi sponsor utama Honda GP Jepang di arena balap tradisional, Sirkuit Suzuka, seperti yang terjadi di musim 2018. 

Sebelumnya, Honda pernah menjadi sponsor utama F1 GP Jepang pada 2018 lalu. Dimana Max Verstappen dari tim Red Bull Racing menyabet podium ketiga.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar F1 dan pihak terkait. Kami berharap olahraga motorsport di Jepang ke depannya terus bertambah populer,” ujar Watanabe.

Meski menurut Watanabe tahun 2021 merupakan tahun terakhir Honda berpartisipasi di ajang F1, namun Honda akan berupaya melakukan yang terbaik dengan Scuderia AlphaTauri dan Red Bull Racing, untuk memperoleh prestasi di Sirkuit Suzuka.

Ajang F1 GP Jepang pertama kali diadakan tahun 1976. Kemudian mulai digelar di Sirkuit Suzuka yang dimiliki Mobilityland Corporation, sebagai anak perusahaan dari Honda Motor Co., Ltd sejak tahun 1987.

Selain itu, sirkuit Suzuka, Jepang, juga baru saja memperpanjang kontrak dengan FIA sebagai penyelenggara ajang balap F1 GP Jepang hingga 2024 mendatang.
 
Honda sudah mengikuti ajang balap F1 sejak GP Jerman tahun 1964. Tahun 2021 ini, Honda diperkuat dua tim balap; Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Honda sukses mencatatkan podium ke-200 di ajang balap F1 GP Bahrain 2021. Kemudian kemenangan perdana di musim ini pada seri F1 GP Emilia Romagna (18/4/2021).

Masuk seri ketiga musim 2021 di F1 GP Portugal yang berlangsung di Algarve International Circuit, Portimao, pembalap Red Bull Honda, Max Verstappen finis di posisi ketiga. Sementara pembalap tim Scuderia AlphaTauri, Pierre Gasly, harus puas di urutan kelima.

Sementara di GP Spanyol, sirkuit Catalunya menjadi saksi bisu pertarungan sengit antara Max Verstappen dengan pembalap tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, Minggu (9/5/2021). Walaupun pada akhirnya Max Verstappen harus menerima kenyataan, berada di posisi kedua hingga sentuh garis finis.


(acf)