Penjualan Mobil

Penjualan Mobil BMW Naik di 2021, Ini Target 2022

Penjualan BMW tahun lalu, bikin optimis pabrikan asal Jerman itu potensi pasar kendaraan premium di Indonesia. BGI
Penjualan BMW tahun lalu, bikin optimis pabrikan asal Jerman itu potensi pasar kendaraan premium di Indonesia. BGI

Autogear.id - Tahun 2021 adalah tahun yang terbilang memprihatinkan buat pasar otomotif nasional. Meski demikian, tahun tersebut juga membawa peningkatan kembali untuk penjualan kendaraan di hampir semua segmen setelah merosot tajam di 2020. Terutama di segmen mobil mewah yang memiliki penjualan signifikan. 

Dari data yang dipaparkan oleh pabrikan asal Jerrman tersebut, mereka mampu memberikan penetrasi yang cukup besar dengan peningkatan kurang lebih sebesar 17 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Mereka bahkan memimpin penjualan di segmen kendaraan kategori mewah dengan total penjualan sebesar 3.102 unit atau sekita 21 persen di tahun lalu. 

“Strategi yang berorientasi terhadap pelanggan adalah cara yang ampuh untuk tetap mendongkrak penjualan kami di segmen mobil premium. Strategi digital memang sangat penting di momen pandemi seperrti ini dan ini membuat kami lebih optimis untuk strategi ke depan di tahun ini,” klaim Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan dalam keterangan persnya hari ini Senin (17/1/2022).

Tak tanggung-tanggung, meski bermain di segmentasi kendaraan premium di Indonesia, namun merreka cukup berani meluncurkan sebanyak total 28 tipe kendaraan BMW dan MINI selama 2021. Jika dipaparkan lebih detail, kendaraan BMW SAV berkontribusi 54% terhadap total penjualan. 

Baca Juga:
Diskon PPnBM Berlanjut, Hanya Kategori Ini yang Dapat Relaksasi

Di antara kendaraan BMW terkemuka di segmennya adalah BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Ketiga model terlaris BMW pada tahun 2021 adalah BMW X1, yang menyumbang 27% dari total penjualan, BMW Seri 3 (25%), dan BMW Seri 5 (11%).
 
Sementara untuk kendaraan dari merek MINI yang mereka luncurkan tahun lalu adalah MINI Countryman rakitan lokal (38%), diikuti oleh MINI 3-Door (35%) dan MINI 5-Door (10%). Melihat besarnya pasar mobil premium di Indonesia, tahun ini ternyata target mereka cukup besar. Di antaranya ekspansi jaringan dan dealerr BMW Group Indonesia dan peluncuran mobil listrk.

Dari bocoran yang mereka berikan, merek ini akan menambah satu diler fully-fledged baru dan satu BMW Approved Bodyshop ke dalam 25 outlet BMW dan MINI yang sudah ada. Ini dipercaya memberikan akses yang lebih mudah dan mendekatkan diri terhadap pelanggan. “Selain itu, kami akan meluncurkan tidak hanya satu, melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatiff. Yaittu BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric.” 

Peluncuran model-model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility. Sustainability juga akan menjadi topik utama mereka tahun ini, dengan fokus pada tiga aspek - Lingkungan, Sosial, dan Governance. “Kami akan menyediakan lebih banyak layanan berorientasi pelanggan bersamaan dengan peluncuran BMW dan MINI terbaru.”

Target besar ini tentu jadi program yang cukup realistis, mengingat perrmintaan akan kendaraan premium di Indonesia diprediksi tetap tinggi. Mereka hanya berharap agar angka penyebaran pandemi tidak berlanjut dan semakin parah di 2022.


(uda)