Serba-Serbi MotoGP

MotoGP Virtual Siap Digelar, Rossi, Marquez Hingga Vinales Ikut Serta

Usulan Rossi soal penyelenggaraan MotoGP Virtual akhirnya terlaksana. crash
Usulan Rossi soal penyelenggaraan MotoGP Virtual akhirnya terlaksana. crash

Autogear.id: Mengisi kekosongan jadwal balapan selama masa pandemi global Covid-19, MotoGP akhirnya mengikuti jejak Formula 1 dengan menyelenggarakan kompetisi virtual. 

Dilansir dari Crash, Rabu (25/3/2020), Dorna telah mengumumkan perihal kejuaraan simulator ini dengan menggunakan game MotoGP resmi. MotoGP Virtual rencananya dikemas sebanyak 6 putaran. Balapan perdana MotoGP Esport ini memakai sirkuit Mugello, Italia. 

Rangkaian race juga meliputi babak kualifikasi dan disiarkan online pada hari Minggu (29/3/2020) akhir pekan ini melalui platform media sosial dan saluran TV terpilih. 

Yang menarik adalah, beberapa bintang MotoGP dipastikan bakal turut berpartisipasi. Mereka antara lain Valentino Rossi, Marc Marquez, Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan Alex Rins telah mendaftar untuk bersaing dengan atlet Esport lainnya. 

Diberitakan sebelumnya, balapan MotoGP virtual ini merupakan ide dari Rossi yang meminta Dorna meniru penyelenggara F1 dalam mencari kegiatan alternatif selama masa vakum balapan resmi. 

Menurut Rossi, konsep F1 virtual sangat menarik dan layak dibuat versi MotoGP-nya. Karena banyak pembalap dan atlet Esport yang memiliki skill luar biasa di balapan simulator. 

MotoGP Virtual sepertinya akan jauh lebih bergengsi karena diisi oleh nama-nama beken. Dibandingkan F1 Virtual yang sudah digelar akhir pekan kemarin, hanya sedikit pembalap asli F1 yang ikut serta seperti Lando Norris (McLaren) dan Nicholas Latifi (Williams). Tidak ada Hamilton ataupun Vettel di sana. 


(uda)