Motor Sport 1000cc

Streetfighter V4, 'Masterpiece' Ducati di Segmen Motor Telanjang

Ducati Streetfighter V4 menawarkan dua keunggulan utama yaitu desain dan performa mesin. ducati
Ducati Streetfighter V4 menawarkan dua keunggulan utama yaitu desain dan performa mesin. ducati

Autogear.id: Ducati melahirkan sebuah 'masterpiece' baru lewat Streetfighter V4 yang merupakan versi naked bike dari Ducati Panigale V4. Dua hal utama yang membuat 'motor telanjang' ini begitu spesial adalah dari sisi desain dan spek mesin. 

Stang tinggi dan lebar, lampu utama full-LED yang minimalis justru menghadirkan kesempurnaan. Sesuai dengan DNA streetfighter, posisi stang yang lebar dan tinggi disokong posisi footpeg yang juga disesuaikan demi menghadirkan posisi berkendara lebih sporty dan gesit, sehingga pengendara lebih leluasa melibas jalanan. 

Sensualitas superbike yang diracik di Bologna ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai motor tercantik dan paling indah di EICMA 2019 lalu. Voting ini digagas oleh majalah otomotif Italia, Motociclismo bekerja sama dengan EICMA. Lebih dari 14500 voters, memilih Streetfighter V4 selama pameran berlangsung. 

Sementara itu, untuk sumber tenaga, naked bike ini diperkuat dengan mesin Desmosedici Stradale V4 kapasitas 1.100cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 208hp dan torsi sebesar 123Nm. Mesin ini juga menjadi basic dari mesin Ducati Desmosedici GP yang digunakan pada kejuaraan MotoGP. 

Pihak Ducati mengklaim, tenaga dan torsi dapat dinaikkan menjadi 220 hp dan 130 Nm dengan memasangkan knalpot Ducati performa balap dari brand Akrapovic. Di Italia, Streetfighter V4 dibanderol 22.990 Euro atau jika dirupiahkan sekitar Rp360 juta-an. 

Adapun model superbike yang memiliki spesifikasi yang mirip dengan Streetfighter V4 salah satunya adalah naked bike dari pabrikan Jepang, Kawasaki Z2 yang juga mengusung mesin 4 silinder dengan kapasitas 998cc.


(uda)