Max Verstappen Puncaki Klasemen Sementara F1 GrandPrix 2021

Foto: Honda F1 GP
Foto: Honda F1 GP

Autogear.id - Posisi puncak klasemen sementara F1 GrandPrix tahun ini yang semula dikantongi Lewis Hamilton dari tim Mercedes, kini bergeser ke Max Verstappen, pembalap tim Red Bull Racing Honda.

Ini terjadi pada kejuaraan balap mobil bergengsi F1 yang dihelat di Sirkuit Monte Carlo, Monako, Minggu (23/5). Dimana sempat diwarnai drama mundurnya Charles Leclerc karena masalah mobil.

Melalui hasil balapan tersebut, Verstappen sukses mendapat tambahan 25 poin. Membuatnya kini mengoleksi 105 poin, dan dibayang-bayangi Hamilton yang berada di peringkat ke-2 dengan mengumpulkan 101 poin. Gap hanya 4 poin antara Verstappen dan Hamilton, pastinya akan membuat kejuaraan F1 musim 2021 kian menarik ke depannya.

Keunggulan Verstappen dipermudah, karena Hamilton hanya bisa finish ke-7 di balapan seri kelima F1 tahun ini. Meskipun Hamilton meraih 1 poin fastest lap. Sementara Lando Norris yang finish ke-3 berhasil menyelamatkan posisi, naik ke peringkat 3 klasemen dengan koleksi 56 poin. Carlos Sainz yang finish kedua, juga merangsek naik ke peringkat 7 klasemen. Ia mendekati poin sang rekan, Charles Leclerc.

embed

Bisa dikatakan, ini pertama kalinya Verstappen memimpin klasemen, sepanjang kariernya di balap F1. Kemenangan di GP Monako 2021 itu, selain menempatkannya di puncak klasemen sementara, juga menjadikan Red Bull Racing Honda posisi teratas klasemen sementara tim konstruktor. Red Bull Racing Honda mengumpulkan 149 poin, dan unggul sangat tipis, hanya 1 poin dari tim Mercedes.

Verstappen memulai jalannya lomba dari posisi kedua, yang kemudian memimpin balapan. Ia terus memegang kendali sebagai pemimpin kejuaraan. Menciptakan keunggulan jarak waktu, dari pembalap di belakangnya hingga finish. Sementara rekan setimnya, Sergio Perez, memulai balapan dari posisi ke-9, dan berhasil naik satu tingkat ke posisi 8 setelah start. 

Hasil kemenangan di F1 GP Monako 2021 ini juga menandai kemenangan ke-80 Honda, di ajang balap Formula 1. Sekaligus menandai untuk pertama kalinya Honda memimpin kejuaraan balap Formula 1 sejak 30 tahun silam. Agenda seri balapan selanjutnya akan berlangsung di F1 GP sirkuit Baku, Azerbaijan, 4 - 6 Juni 2021 mendatang.


(acf)