Motor Baru

Hadirkan Vespa Batik, Apa Istimewanya?

Vespa bikin edisi spesial dengan motif batik di sekujur tubuhnya. PI
Vespa bikin edisi spesial dengan motif batik di sekujur tubuhnya. PI

Autogear.id - Hadir di Indonesia sejak 1950-an, merek Vespa telah menjadi simbol status otomotif dan gaya hidup selama beberapa dekade, yang terus relevan lintas generasi: di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, PT Piaggio Indonesia mempersembahkan sebuah model Vespa yang terinspirasi dari kebanggaan dan budaya Indonesia, Batik.

Vespa Batik hadir sebagai selebrasi atas Warisan Budaya Italia dan Gaya Hidup Premium dari merek Vespa, dengan desain batik eksklusif karya Iwan Tirta Private Collection - sebuah rumah desain batik terkemuka dan paling disegani di Tanah Air.
 
Piaggio Group, melalui anak perusahaannya, PT Piaggio Indonesia, membuka Pabrik Piaggio Group perdananya di Indonesia seraya memperkenalkan Vespa Batik untuk pertama kalinya, yang juga produk Vespa pertama yang sepenuhnya terinspirasi oleh negara dan budaya tertentu sebagai persembahan spesial untuk masyarakat Indonesia.

Vespa Batik Special Edition merupakan wujud kreativitas mereka bersama rumah desain batik premium Iwan Tirta Private Collection, yang mengemban misi mulia untuk melestarikan warisan batik melalui desain batik yang premium dan inovatif. Melalui proyek ini, merek Vespa terus menyelaraskan diri agar relevan dengan pasar lintas generasi.

Baca Juga:
Bos Mazda Optimis Indonesia Kebal Resesi, Asal...

“Vespa Batik Special Edition adalah karya seni Italia dan Indonesia yang sesungguhnya, yang dipersembahkan bagi bangsa Indonesia untuk merayakan keberagaman budaya yang disatukan oleh perspektif warisan yang modern melalui Vespa dan desain Batik. Perpaduan ini menjadi manifestasi sempurna dan pengingat bagaimana Kami akan terus komitmen di pasar Indonesia,” papar Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega dalam siaran persnya.

Desain Vespa Batik Special Edition
Batik sendiri tidak dapat dipungkiri merupakan kebanggaan dan warisan bangsa Indonesia, sebagai sebuah seni dengan teknik pewarnaan malam (lilin) berusia lebih dari seabad, yang diakui oleh UNESCO (United Nations Education, Scientific and Cultural Organization) pada tahun 2009 sebagai “Budaya Tak Benda Warisan Manusia” asal Indonesia.

Sinergi antara Vespa dan desain Batik menghadirkan Vespa Batik Special Edition yang premium dan unik - perpaduan yang membanggakan dari dua budaya ikonik dan kekayaan warisan asal Indonesia dan Italia, Batik dan Vespa.

Konsep fantastis ini dirancang untuk sepenuhnya merebut hati pasar Indonesia yang mewakili kebanggaan atas negara kepulauan Indonesia, serta sangat relevan bagi para pecinta otomotif, seni, dan gaya hidup premium Tanah Air,

Baca Juga:
Jadi yang Pertama, TOS Tawarkan Pengambilan BPKB Mobil Lewat Video Call

Pola batik disematkan pada Vespa Batik Special Edition merupakan adaptasi dari pola tradisional “Tambal Jagad”. Pola ini memiliki makna filosofis yang mendalam dengan menggambarkan kolase berbagai pola batik tradisional, yang terinspirasi oleh beragam latar belakang dan budaya, mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan.

Desain pola yang melekat pada Vespa Batik menampilkan perpaduan 7 pola tradisional yang melambangkan keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, yang mewakili luas wilayah Indonesia dari Barat ke Timur. Adapun, ketujuh motif dan filosofi batik tersebut adalah:

Sokowani – dari area Sumatra: simbol pesona dan kharisma
Megamendung – dari Jawa Barat: simbol kemakmuran dan sumber kehidupan
Kawung – dari Jawa Tengah: simbol kepemimpinan dan kebijaksanaan
Perisai – dari area Kalimantan: simbol perlindungan dan kegigihan
Poleng – dari Bali: simbol keseimbangan hidup
Tenun Ikat Menjangan – dari area Nusa Tenggara: simbol penghormatan kepada leluhur
Ayam Kasuari – dari area Papua: simbol kekuatan dan umur panjang

Lebih lanjut, Vespa Batik Special Edition mengusung pola batik yang dirancang eksklusif untuk mempercantik tampilan skutik Italia ikonik tersebut, yang mencerminkan perpaduan sempurna antara gaya hidup premium dengan kekayaan warisan budaya. Vespa Batik ditawarkan satu set lengkap dengan Genuine Vespa Batik helmet yang eksklusif dan top box Vespa Batik dengan warna dasar Green Relax yang dikagumi oleh semua penggemar Vespa.

Baca Juga:
Juarai Gemba Challenge Jadi Hadiah Tutup Tahun UD Trucks Indonesia

“Kami berterima kasih atas dukungan para pelanggan setia di Indonesia dan pecinta gaya hidup premium sejak hari pertama kami hadir di negara ini. Kami mempersembahkan Vespa Batik Special Edition yang terinspirasi, dirancang, dan dirakit di Indonesia untuk masyarakat Indonesia, untuk semakin mengukuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, dan pada saat yang sama, dengan bangga membawa dan merangkul konsep Vespa 'Dari Indonesia Untuk Indonesia'," ungkap Marco Noto La Diega.


(uda)