Teknologi Otomotif

Mobil Pelopor Operasional Satu Pedal Ini Kantongi Predikat Best EV 2022

Nissan didaulat menerima penghargaan untuk teknologi satu pedal di Kicks e-Power. NMI
Nissan didaulat menerima penghargaan untuk teknologi satu pedal di Kicks e-Power. NMI

Autogear.id - Sejak peluncurannya pada September 2020, Nissan Kicks e-Power diakui mendapat sambutan hangat dari masyarakat Tanah Air. Diperkuat melalui sejumlah penghargaan yang diraih, salah satunya penghargaan Best of Electric Vehicle (EV) untuk kedua kalinya dari salah satu media otomotif nasional.

“Teknologi e-Power pada Nissan Kicks memberikan solusi inovatif bagi konsumen Indonesia, menuju mobilitas elektrik yang lebih efisien. Sehingga bepergian jauh dengan mobil listrik bisa terwujud, didukung biaya perawatan terjangkau,” ujar Direktur Sales & Marketing PT. Nissan Motor Distributor Indonesia, Tan Kim Piauw.

Perlu diketahui, pada sistem e-Power, roda sepenuhnya digerakkan motor listrik tenaga baterai. Sedangkan mesin bensinnya digunakan hanya untuk mengisi daya baterai. Dengan kata lain, mesin bensin 1.200cc 3-silinder nya berfungsi sebagai genset. 

Sesuai karakter mobil listrik yang senyap, menurut Tan Kim Piauw, salah satu mobil SUV kompak ini menawarkan kenyamanan untuk pengendara maupun pengemudi. “Mesin bensin hanya bekerja saat diperlukan, selain hemat bahan bakar juga meningkatkan kesenyapan dalam kabin,” terangnya.

Baca Juga:
KLX230R Terbaru Versi 2023 Punya Ciri Khusus, Seperti Apa?

Menyoal teknologi lain yang diusungnya, Kick e-Power sebagai yang pertama hadirkan fitur One-Pedal Operation di Indonesia. Sistem tersebut memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti hanya gunakan satu pedal.

Dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas, ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja otomatis. Membuat mobil berhenti total.

Fitur ini dikatakan sangat sesuai untuk diajak melibas kepadatan lalu lintas dalam kota. Sewaktu merayap di tengah kemacetan, pengemudi tinggal angkat pedal gas, sistem e-Power langsung bereaksi memberikan tingkat pengereman yang cukup.

Energi pengereman yang biasanya terbuang di mobil konvensional, akan dikonversi oleh sistem e-Power untuk mengisi ulang baterai lithium ion kapasitas 1,57 kWh. Baterai akan cepat terisi, berujung pada efisiensi konsumsi bahan bakar.

Menyoroti teknologi keamanannya, Kicks e-Power memiliki monitor pemantau sekitar dengan pendeteksi objek bergerak. Lalu terdapat Intelligent Cruise Control, Intelligent Forward Collision Warning, pengereman darurat, Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, peringatan titik buta, serta Driver Attention Alert.

Nissan Kicks e-Power sejauh ini memiliki 2 (dua) pilihan warna, yakni warna One-Tone yang terdiri dari Starlight Yellow, Night Blue, Black Star, dan Gun Metallic. Serta warna Two-Tone yang terdiri dari Monarch Orange with Black Roof, Radiant Red with Black Roof, Gun Metalic with Black Roof dan Storm White with Black Roof.

Memproklamirkan diri sebagai kendaraan elektrifikasi dengan value for money terbaik, mobil listrik ini dibanderol harga Rp 482.8 juta on the road Jakarta. Didukung free service & part 4 tahun/50.000 km dan warranty baterai elektrik 5 tahun/100.000 km.


(uda)