Motor Modfikasi

Begini Penampakan Megapro ala Geng Bosozoku, Cadas!

Honda Megapro garapan Spawn Garage ini mengadopsi konsep yang tak biasa dan terlihat cukup unik ala Bosozoku, Jepang. SG
Honda Megapro garapan Spawn Garage ini mengadopsi konsep yang tak biasa dan terlihat cukup unik ala Bosozoku, Jepang. SG

Autogear.id – Mungkin banyak yang belum tahu, tentang Bosozoku yang ada di Jepang. Yup, Bosozoku adalah nama salah satu geng motor yang ada di Negeri Sakura. Muncul mulai tahun 1950-an, dan tetap eksis sampai sekarang, meskipun anggotanya terus berkurang.

Salah satu keunikan dari geng ini adalah gaya motor yang mereka kendarai. Di mana tunggangan geng Bosozoku punya ciri khas, gabungan American chopper dan British cafe racer. Lewat penampilan setang yang ditinggikan ala chopper, dan punya fairing besar seperti cafe racer.

Melihat motor Bosozoku, membuat seorang biker terinspirasi menggarap motornya menyerupai tunggangan geng tersebut. Adalah Rizal, ketua ICOSU (Itasha Community Surabaya), Jawa Timur. Rizal kepincut memodifikasi Honda Megapro (tipe monoshock) miliknya, dengan gaya Bosozoku. Hal tersebut ia kemukakan kepada Andi Tenggara, pemilik rumah modifikasi motor Spawn Garage, Surabaya.

"Demi wujudkan konsep yang dimau Rizal, kami cari referensi gambar dari internet. Setelah cocok dengan gambar yang dipilih, lalu kami buat ulang desainnya, biar gak sama dengan contoh gambar," ucap Andi.

Baca Juga:
Tak Hanya Nyanyi, Nih Wujud Desain Vespa ala Justin Bieber!

Tahap awal pengerjaan yang dilakukan adalah bagian rangka. Tetap pakai bawaan motor, tetapi dicustom di bagian sub rangka belakang. “Karena basis motornya Mega Pro mono, rangka bagian belakang kami ubah dan pasangi suspensi sokbreker ganda. Biar kian padat dan terkesan klasik," tunjuk Andi.

Bicara ubahan suspensi, akhirnya merambah komponen kaki-kaki. Bagian depan dipilih fork milik Kawasaki KLX yang lumayan jenjang. Mengejar tongkrongan ala chopper yang menjulang. "Sokbreker belakang kami pasangi Ride It GP series tipe adjustable, supaya bisa diseting tingkat kenyamanannya,” jelas Andi yang lanjut pilih kombinasi pelek Rossi, ban Swallow Ranger 18/300 (depan) dan Swallow s212 17/400 (belakang).

Beringsut ke bagian bodi, semuanya handmade. Mulai dari tangki, fairing, cover samping, dan bodi belakang dari bahan plat galvanis 1,2mm. "Knalpot kita bikin custom model up-swept full system nan ramah, gak bising di kuping, sesuaikan performa mesin," katanya.

Lelaki ini menambahkan, diakui pengerjaan paling sulit ada pada fairing depan. Menentukan posisi terbaik. Karena sebisa mungkin menyembul ke depan dan lebih ke atas, khas Bosozoku.

Baca Juga:
Dukung Euro4 : Sayonara Maru P, Selamat Datang Fighter X!

"Performa motor usai dicustom, enak dan nyaman digunakan. Pemilik santai mengendarainya, karena stang kami bikin lebih tinggi dari sadel bawaan Honda Win," pungkas Andi yang mengungkap, di Surabaya kemungkinan baru motor ini yang mengusung gaya Bosozoku.

Data modifikasi:
Basis: Honda Mega Pro (mono).
Fork depan: Kawasaki KLX.
Shockbreaker belakang: Ride It GP series.
Pelek depan: Rossi 18/300, belakang: Rossi 17/350.
Ban depan: Swallow Ranger 18/300, belakang: Swallow s212 17/400.
Tromol: custom
Sistem pengereman: Kawasaki KLX (depan), belakang orisinal.
Setang: handmade. Raiser: aftermarket.
Lampu depan: Daymaker, belakang: Honda Win.
Lampu sein: Honda Win.
Jok: handmade.
Handgrip: Kaze.
Spidometer: Babon.
Exhaust: full system (classic handmade).
Bengkel Modifikasi: Spawn Garage.


(uda)