Pasar Otomotif Nasional

Hino Tua-tua Keladi, Umur 40 Tahun Tetap Memimpin Pasar MDT

Pasar otomotif tanah air terutama di segmen truk MDT, dikuasai oleh Hino dan mereka konsisten selama bertahun-tahun di Indonesia. AG-Alun
Pasar otomotif tanah air terutama di segmen truk MDT, dikuasai oleh Hino dan mereka konsisten selama bertahun-tahun di Indonesia. AG-Alun

Autogear.id – Merek Hino ini di Indonesia boleh dibilang tua-tua keladi. Yup, ibarat pepatah lama, yang kira-kira bermakna makin tua makin berisi. Betapa tidak? Pada usia 40 tahun, Hino masih konsisten unjuk gigi lewat prestasi. Terbukti, bila dilihat dari penetrasi pasar Hino di Tanah Air. Melalui kepanjangan tangannya di Indonesia, yakni PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), sudah 23 tahun Hino menjadi pemimpin pasar, khususnya di segmen Medium Duty Truck (MDT).
 
Sedikit mengacu dari data yang disodorkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO). Selama periode Januari hingga Desember 2022, tertera kalau Hino mampu melepas 29.880 unit armadanya ke pasaran. Untuk tahun 2022 juga bisa dikatakan, bahwasanya Hino berhasil membungkusnya dengan baik. Hasil penjualan yang dibukukan Hino kelihatan berkilau. Tercatat Hino sukses mengantongi penjualan sebanyak 19.793 unit, atau naik 51 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Dalam perayaan 40 tahun Hino Motors di Indonesia, berlokasi di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023), COO-Director HMSI Santiko Wardoyo menyampaikan, pasar kendaraan komersial re-covery dan memperlihatkan pertumbuhan, seperti ketika tahun 2019 sebelum pandemi.
 
“Untuk itu kami pun cukup puas dengan raihan penjualan di 2022 yang naik tinggi. Hasil ini juga memantapkan posisi Hino sebagai market leader, atau penguasa segmen MDT selama 23 tahun terakhir. Lewat raihan 59 persen market share,” ungkapnya.

Baca Juga:
Ini Dia Hypercar Jagoan Ferrari buat Perang di FIA WEC

 
Lebih jauh dikatakan Pak San, panggilan akrab Santiko Wardoyo, bahwa Hino500 Series berkontribusi cukup signifikan di kategori MDT ini. “Sumbangsih Hino500 Series di segmen MDT tergolong tinggi. Hino yang sudah menjadi market leader selama 23 tahun di segmen tersebut dibantu Hino500 Series, dengan berkontribusi terhadap penjualan sebanyak 16.411 unit,” kata Pak San.
 
Artinya, penjualan MDT Hino tersebut naik 78 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya yang membukukan 9.242 unit. Tentunya bukan sebuah angka yang kaleng-kaleng. Lantas bagaimana capaian Hino di kategori yang lain? Dijelaskan, untuk kategori truk ringan atau Light Duty Truck, masih dipegang oleh Hino Dutro. Dimana varian Dutro berhasil memboyong angka penjualan sebesar 13.122 unit, atau meningkat 26 persen jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya.
 
“Melalu capaian Dutro di segmen LDT tersebut, hal ini juga berdampak pada market share Hino Dutro yang meningkat. Dari semula sebesar 18.9 persen, kini menjadi 20.3 persen,” ungkapnya.


(uda)